BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Outing class merupakan salah satu cara metode pembelajaran di luar kelas yang bisa  menambah pengetahuan serta pola pikir peserta didik. Sampai saat ini, outing class merupakan media yang  paling  efektif  dan efisien dalam menyampaikan suatu ilmu pelajaran bukan  hanya dari teori saja, kebenaran dan bukti nyata dilapangan perlu kita  ketahui. Adapun kita akan melaksanakan outing class di Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung.

  1. TUJUAN KEGIATAN

Adapun tujuan dari kegaitan ini adalah memenuhi salah satu Kompetensi Dasar dengan Standar Kompetensi yang ada pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dalam memberikan manfaat sekaligus pengalaman langsung kepada peserta didik dalam mempelajari pelajaran bahasa Indonesia.

  1. MANFAAT

Manfaat dari kegiatan ini, antara lain :

  1. Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan peserta didik
  2. Mengenal perpustakaan daerah
  3. Menjalin kerjasama antara peserta didik
  4. Mempererat kebersamaan peserta didik

BAB II

LAPORAN OUTING CLASS KE PERPUSTAKAAN DAERAH

  1. PERPUSTAKAAN DAERAH.

Perpustakaan daerah adalah sebuah perpustakaan yang terletak di daerah / wilayah Indonesia. Perpustakaan daerah Provinsi Lampung adalah perpustakaan daerah Lampung yang menyediakan berbagai macam buku bagi masyarat umum dibawah pemerintahan daerah Lampung. Adapun Visi dan Misi Perpustakaan daerah Lampung yaitu :

  1. VISI

Visi Kantor Perpustakaan  dan Arsip Daerah Kota Bandar Lampung didasarkan pada hasil aspirasi dan partisipasi pejabat serta pegawai yaitu :

“ Terwujudnya sadar minat baca masyarakat dan tertatanya Arsip Daerah “.

  1. MISI

Dalam upaya menuju Visi diatas, terdapat 4  (Empat) Misi yang harus dikembangkan yaitu :

  1. Meningkatnya minat sadar baca masyarakat;
  2. Tertatanya Arsip Daerah Kota Bandar Lampung;
  3. Tersajinya Data Perpustakaan dan Arsip secara Online melalui Teknologi Informasi;
  4. Meningkatkan kualitas SDM Perpustakaan dan Kearsipan.

 

  1. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Pada kegiatan Outing class ini, peserta didik mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia dengan Standar Kompetensi yaitu :

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas

 

Dengan Kompetensi Dasar :

  • Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memerhatikan penggunaan ejaan
  • Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memerhatikan penggunaan ejaan

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

  1. KESIMPULAN

Kegiatan Outing Class sudah berjalan dengan baik dan lancar. Dengan adanya kegiatan Outing Class ini peserta didik dapat mengenal  perpustakaan daerah yang ada di Provinsi Lampung dan melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia

  1. SARAN

Kegiatan Outing Class memang sudah seharusnya di adakan setiap tahun agar bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas bagi pesertadidik. Selain itu semoga di tahun-tahun berikutnya kegiatan Outing Class berjalan lebih baik lagi.

DOKUMENTASI KEGIATAN OUTING CLASS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *