M.Mutatohirin, S.Pd._SDIT Muhammadiyah Gunter, 22 November 2023
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Pembelajaran digital ialah salah satu terobosan baru dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan teknologi dan media digital dalam menyampaikan materi, agar tujuan pembelajaran tercapai. Metode pembelajaran ini kini telah banyak digunakan di berbagai kalangan, salah satunya dalam meningkatkan keahlian tenaga profesional atau karyawan. Hal ini karena mereka dekat dengan produk-produk teknologi. Atau juga proses interaksi peserta didik dengan pendidik dengan memanfaatkan media digital baik, laptop, komputer, lcd proyektor, atau gawai dengan koneksi internet dan aplikasi pembelajaran.
Dengan berbagai media pembelajaran yang disajikan guru ketika melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, hal itu akan menjadikan proses pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Diantara media digital yang bisa guru gunakan untuk menghadirkan pembelajaran yang seru adalah wardwall.
Sebagai seorang guru, penulis dituntut untuk memiliki banyak metode dan strategi dalam mengajar, agar proses pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik menjadi bervariatif dan menyenangkan serta ditunggu-tunggu oleh peserta didik. Seorang guru berusaha agar setiap harinya dalam proses pembelajaran di kelas, selalu ada nilai-nilai kebaikan yang didapatkan peserta didik. Baik itu berupa penanaman akhlak keseharian, pentingnya ibadah, dan ilmu-ilmu baru yang bermanfaat bagi peserta didik untuk dunia dan akhiratnya.
Proses pembelajaran dengan media digital wardwall
Proses pembelajaran dengan media digital wardwall dimulai dengan guru mempersiapkan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Setelah guru membuat materi yang akan diajarkan, kemudian guru menampilkan pembelajaran dengan media wardwall. Tentunya sebelum memulai pembelajaran guru membuka dengan salam, apersepsi dan penanaman nilai-nilai akhlak yang ingin guru bentuk dari peserta didik.
Wordwall ialah aplikasi berbasis website yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran ataupun menjadi sumber belajar. Wordwall merupakan media interaktif yang menyediakan template seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan lain sebagainya yang lebih dari 18 template yang tersedia.
Cara penggunaan:
- Buatlah akun terlebih dahulu melalui laman https://wordwall.net/id , masukkan nama, email, kata sandi, dan informasi lainnya.
- Pilihlah menu “Buat Aktivitas atau Create Activity” lalu pilihlah salah satu template aktivitas yang disediakan.
Guru bisa menampilkan dengan template yang mudah yaitu menjodohkan antara pertanyaan dan jawaban. Peserta didik sangat antusias ketika mengerjakan soal dengan media digital wardwall ini, karena mereka bisa belajar dengan seru seperti bermain game.
Setiap peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan semangat, karena mereka berusaha menjadi yang terbaik dalam proses belajar dengan media wardwall tersebut. Media wardwall juga bisa menjadi salah satu solusi bagi siswa yang rendah motivasi belajarnya. Dengan permainan yang seru dalam proses belajar menjadikan peserta didik tidak merasa jenuh. Sehingga kegiatan proses pembelajaran pun serasa cepat sekali berjalan.
Selain template mencocokkan jawaban ada juga template yang sangat digemari peserta didik, yaitu puzzle. Karena template menghadirkan rasa penasaran dan keinginan untuk terus belajar dengan petualangan. Dari pengalaman yang telah dilakukan oleh penulis, alhamdulillah, metode pembelajaran digital dengan wardwall ini sangat membantu membuat kelas menjadi lebih seru dan menyenangkan, serta menumbuhkan semangat belajar peserta didik.