Menjaga & Menambah Hafalan Al-Qur’an dalam Agenda Tahfidz Camp SDIT Muhammadiyah Gunter tahun 2023

Menjaga & Menambah Hafalan Al-Qur’an dalam Agenda Tahfidz Camp SDIT Muhammadiyah Gunter tahun 2023

Tahfidz camp adalah pogram rutin tahunan SDIT Muhammadiyah yang dilaksanakan pada liburan semester ganjil. Tujuan Tahfidz camp ini diantaranya yaitu:

  1. Menjaga hafalan yang sudah dimiliki dengan program muroja’ah hafalan.
  2. Menambah hafalan baru dengan capaian setengah -satu juz dalam program ziyadah hafalan.
  3. Pembiasaan adab dan akhlak keseharian, baik teori maupun praktik langsung seperti adab makan minum, adab tidur, adab di kamar mandi, adab di masjid dan lain-lain.
  4. Pembiasaan dan penanaman cinta dan senang dalam melaksanakan kebaikan-kebaikan, diwujudkan dalam aktivitas rutin salat tahajud, salat dhuha, berbagi antar teman, dan berbagai program lainnya.
  5. Menghadirkan dan menumbuhkan rasa cinta kepada Al-Qur’an dan menghargai waktu yang dimiliki dengan mengisinya dengan kebaikan.

Tahfidz Camp 2023 ini dilaksanakan mulai hari Senin-Ahad, 18-24 Desember 2023 di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung. Kegiatan Tahfidz Camp 2023 ini tidak hanya menghafal Al-Qur’an, tetapi juga ada outbound, memanah, game tahfidz, pembagian doorprize, dan olahraga bersama, dan kegiatan lain yang menunjang dan menghadirkan keseruan dan keceriaan peserta Tahfidz Camp agar merasa nyaman dan asyik selama mengikuti kegiatan.

Tahfidz Camp 2023 ini diikuti oleh 43 peserta dengan rincian 21 putra dan 22 putri. Terdiri dari berbagai level kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Alhamdulillah, selama proses kegiatan Tahfidz Camp peserta semangat, antusias, dan merasa nyaman dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah terjadwal. Mulai bangun salat tahajud, murojaah bersama, kultum subuh dan mahgrib, jadwal azan rutin bergantian, makan bersama, memperbaiki bacaan Al-Qur’an dalam kelas tahsinul qur’an, dan menghafal menambah hafalan dalam program ziyadah.

Semua aktivias dijalani dengan nyaman dan senang hati, peserta senang dengan aktivitas yang bervariatif sehingga mereka tidak jenuh dan bosan. Alhamdulillah satu pekan para peserta telah berproses dengan baik, semangat dalam menghafal baik di waktu pagi, siang, sore, dan malam hari. Tentunya dalam hal pencapaian berbeda-beda sesuai dengan kesanggupan masing-masing, hal yang terpenting adalah mereka sudah berproses dengan baik, cinta dengan Al-Qur’an, senang  berinteraksi dengan Al-Qur’an, dan betah berlama-lama dengannya.

Adapun capaian selama Tahfidz Camp satu pekan yaitu: 2 peserta berhasil tasmi hafalan 3 juz, 2 peserta tasmi’ hafalan 2,5 juz, 4 peserta tasmi’ 2 juz, dan sisanya rata-rata di 1 sampai 1,5 juz, dan beberapa siswa tasmi’ setengah juz, alhamulillah ini adalah capaian yang membanggakan dan tentunya kita memberikan apresiasi kepada ananda semua yang shalih dan shalihah.

Panitia penyelenggara memberikan penghargaan kepada peserta dengan capaian terbaik dengan ketegori:

Kategori peserta  terbaik putraTahfidz Camp 2023 diberikan kepada:

  1. Terbaik pertama diraih oleh Ramadan Arif Musthofa dari kelas 6 dengan capaian 3 Juz lebih satu surat Ar-Rahman.
  2. Terbaik kedua diraih oleh Raihan Anam Jazuli dari kelas 5 Imam Baihaqi dengan capaian 3 juz.
  3. Terbaik ketiga diraih oleh Fatih Syaddad Rubiyanto dari kelas 6 Al-Bazzar dengan capaian 2 Juz.

Kategori peserta putri terbaik Tahfidz Camp 2023 diperoleh:

  1. Terbaik pertama diraih oleh Anmeysa Khanza Lovely dari kelas 6 Ad-Dailami dengan capaian 2,5 juz.
  2. Terbaik kedua diraih oleh Safiya Rahma dari kelas 6 dengan capaian 2,5 juz.
  3. Terbaik ketiga diraih oleh Reinna Kayyisah Fatni dari kelas 5 Ibnu Huzaimah dengan capaian 2 juz.

Kategori peserta termuda diraih oleh Reinncia Qiyandra Qonita dari kelas 1 Utsman bin Affan dengan capaian 1 juz.

Alhamdulillah dengan dukungan semua pihak Tahfidz Camp 2023 bisa berjalan dan terlaksana dengan baik. Kami mengucapkan jazakumullahu khoiran kepada segenap panitia yang telah memberikan pelayanan terbaiknya, ustad dan ustadzah yang telah sabar memdampingi dan membimbing ananda yan yang shaih dan shalihah, serta kepada abi dan umi yang telah mempercayakan kepada kami dan sabar menahan rasa rindu satu pekan ditinggal ananda tercinta, sehingga sangat merindukan foto ananda di group. Barakallahu fiikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *